ALAT PENGOLAH DATA
􀂙 ALAT MANUAL (MANUAL DEVICE), MENGGUNAKAN ALAT-ALAT SEDERHANA.
􀂙 ALAT MEKANIK (MECHANICAL DEVICE), YAITU ALAT MEKANIK YANG DIGERAKKAN SECARA MANUAL
DENGAN TANGAN.
􀂙 ALAT MEKANIK ELEKTRONIK (ELECTRO MECHANICAL DEVICE), YAITU ALAT MEKANIK YANG DIGERAKKAN OLEH
MOTOR ELEKTRONIK.
􀂙 ALAT ELEKTRONIK (ELECTRONIC DEVICE), YAITU ALAT YANG BEKERJANYA SECARA ELEKTRONIK.

DEFINISI KOMPUTER
􀂙 MENURUT BLISSMER (1985), KOMPUTER ADALAH SUATU ALAT ELEKTRONIK YANG MAMPU MELAKUKAN
BEBERAPA TUGAS, YAITU MENERIMA INPUT, MEMPROSES INPUT SESUAI DENGAN INSTRUKSI YANG
DIBERIKAN, MENYIMPAN PERINTAH-PERINTAH DAN HASIL PENGOLAHANNYA, SERTA MENYEDIAKAN
OUTPUT DALAM BENTUK INFORMASI.
􀂙 MENURUT SANDERS (1985), KOMPUTER ADALAH SISTEM ELEKTRONIK UNTUK MEMANIPULASI DATA
YANG CEPAT DAN TEPAT SERTA DIRANCANG DAN DIORGANISASIKAN SUPAYA SECARA OTOMATIS MENERIMA DAN MENYIMPAN DATA INPUT, MEMPROSESNYA, DAN MENGHASILKAN OUTPUT
BERDASARKAN INSTRUKSIINSTRUKSI YANG TELAH TERSIMPAN DI DALAM MEMORI. DAN MASIH BANYAK
LAGI AHLI YANG MENCOBA MENDEFINISIKAN SECARA BERBEDA TENTANG KOMPUTER.
􀂙 KOMPUTER ADALAH ALAT YANG DIPAKAI UNTUK MENGOLAH INFORMASI MENURUT PROSEDUR YANG
TELAH DIRUMUSKAN. KATA COMPUTER SEMULA DIPERGUNAKAN UNTUK MENGGAMBARKAN ORANG YANG
PERKERJAANNYA MELAKUKAN PERHITUNGAN ARITMATIKA, DENGAN ATAU TANPA ALAT BANTU, TETAPI ARTI
KATA INI KEMUDIAN DIPINDAHKAN KEPADA MESIN ITU SENDIRI. ASAL MULANYA, PENGOLAHAN
INFORMASI HAMPIR EKSKLUSIF BERHUBUNGAN DENGAN MASALAH ARITMATIKA, TETAPI KOMPUTER
MODERN DIPAKAI UNTUK BANYAK TUGAS YANG TIDAK BERHUBUNGAN DENGAN MATEMATIKA.
􀂙 NAMUN, PADA INTINYA DAPAT DISIMPULKAN BAHWA KOMPUTER ADALAH SUATU PERALATAN
ELEKTRONIK YANG DAPAT MENERIMA INPUT, MENGOLAH INPUT, MEMBERIKAN INFORMASI,
MENGGUNAKAN SUATU PROGRAM YANG TERSIMPAN DI MEMORI KOMPUTER, DAPAT MENYIMPAN
PROGRAM DAN HASIL PENGOLAHAN, SERTA BEKERJA SECARA OTOMATIS.
􀂙 MENURUT HAMACHER [1], KOMPUTER ADALAH MESIN PENGHITUNG ELEKTRONIK YANG CEPAT DAN
DAPAT MENERIMA INFORMASI INPUT DIGITAL, KEMUDIAN MEMPROSESNYA SESUAI DENGAN PROGRAM
YANG TERSIMPAN DI MEMORINYA, DAN MENGHASILKAN OUTPUT BERUPA INFORMASI.

􀂙 MENURUT BLISSMER [2], KOMPUTER ADALAH SUATU ALAT ELEKTONIK YANG MAMPU MELAKUKAN
BEBERAPA TUGAS SEBAGAI BERIKUT:
• MENERIMA INPUT
• MEMPROSES INPUT TADI SESUAI DENGAN PROGRAMNYA
• MENYIMPAN PERINTAH-PERINTAH DAN HASIL DARI PENGOLAHAN
• MENYEDIAKAN OUTPUT DALAM BENTUK INFORMASI
􀂙 SEDANGAN FUORI [3] BERPENDAPAT BAHWA KOMPUTER ADALAH SUATU PEMROSES DATA YANG DAPAT
MELAKUKAN PERHITUNGAN BESAR SECARA CEPAT, TERMASUK PERHITUNGAN ARITMETIKA DAN OPERASI
LOGIKA, TANPA CAMPUR TANGAN DARI MANUSIA.

􀂙 PENGGOLONGAN KOMPUTER
• LITERATUR TERBARU TENTANG KOMPUTER MELAKUKAN PENGGOLONGAN KOMPUTER BERDASARKAN
TIGAL HAL: DATA YANG DIOLAH, PENGGUNAAN, KAPASITAS/UKURANNYA, DAN GENERASINYA.
• BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH
􀀹 KOMPUTER ANALOG
􀀹 KOMPUTER DIGITAL
􀀹 KOMPUTER HYBRID
• BERDASARKAN PENGGUNANNYA
􀀹 KOMPUTER UNTUK TUJUAN KHUSUS (SPECIAL PURPOSE COMPUTER)
􀀹 KOMPUTER UNTUK TUJUAN UMUM (GENERAL PURPOSE COMPUTER)

• BERDASARKAN KAPASITAS DAN UKURANNYA
􀀹 KOMPUTER MIKRO (MICRO COMPUTER)
􀀹 KOMPUTER MINI (MINI COMPUTER)
􀀹 KOMPUTER KECIL (SMALL COMPUTER)
􀀹 KOMPUTER MENENGAH (MEDIUM COMPUTER)
􀀹 KOMPUTER BESAR (LARGE COMPUTER)
􀀹 KOMPUTER SUPER (SUPER COMPUTER)
• BERDASARKAN GENERASINYA
􀀹 KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1946-1959)
􀀹 KOMPUTER GENERASI KEDUA (1959-1964)
􀀹 KOMPUTER GENERASI KETIGA (1964-1970)
􀀹 KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1979-SEKARANG)
􀀹 KOMPUTER GENERASI KELIMA
KONSEP DASAR SISTEM
􀂙 KONSEP DASAR SISTEM ADA DUA PENDEKATAN YAITU:
• PENEKANAN PADA PROSEDURNYA
􀀹 ADALAH SUATU JARINGAN KERJA DARI PROSEDUR-PROSEDUR YANG SALING BERHUBUNGAN,
BERKUMPUL BERSAMA-SAMA UNTUK MELAKUKAN SUATU KEGIATAN ATAU UNTUK
MENYELESAIKAN SUATU SASARAN TERTENTU.
􀀹 PROSEDUR ADALAH URUTAN OPERASIONAL YANG MELIBATKAN BEBERAPA ORANG DAN DITERAPKAN
UNTUK MENJAMIN PENANGANAN YANG SERAGAM DARI SETIAP TRANSAKSI.
• PENEKANAN PADA KOMPONENNYA.
􀀹 ADALAH KUMPULAN DARI ELEMEN-ELEMEN YANG BERINTERAKSI UNTUK MENCAPAI SUATU
TUJUAN TERTENTU.
􀂙 KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI
• DEFINISI LAIN SISTEM INFORMASI ADALAH KERANGKA KERJA YANG MENGKOORDINASIKAN SUMBER
DAYA (MANUSIA DAN KOMPUTER) UNTUK MENGUBAH MASUKAN (INPUT) MENJADI KELUARAN
(INFORMASI) GUNA MENCAPAI SASARAN-SASARAN PERUSAHAAN.
􀂙 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
• SIM TIDAK MENGGANTIKAN TRANSACTION PROCESSING SYSTEMS, TETAPI MENDUKUNG SPEKTRUM
TUGAS-TUGAS ORGANISASIONAL YANG LEBIH LUAS DARI TPS, TERMASUK ANALISIS KEPUTUSAN DAN
PEMBUAT KEPUTUSAN. SIM MENGHASILKAN INFORMASI YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT
KEPUTUSAN, DAN JUGA DAPAT MEMBATU MENYATUKAN BEBERAPA FUNGSI INFORMASI BISNIS YANG
SUDAH TERKOMPUTERISASI (BASIS DATA).

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MEMILIKI BANYAK PENGERTIAN, NAMUN PADA HAKEKATNYA
SEMUANYA ITU MENGARAH PADA MAKSUD YANG SAMA. UNTUK LEBIH JELAS, MAKA PENGERTIAN
DAPAT DILIHAT DARI ARTI MASING-MASING UNSUR PEMBENTUKNYA, YAITU ;
• SISTEM
MERUPAKAN SUATU KUMPULAN ATAU HIMPUNAN DARI UNSUR, KOMPONEN, ATAU VARIABELVARIABEL YANG TERORGANISASI, SALING BERINTERAKSI, SALING TERGANTUNG SATU SAMA LAIN.
UNSUR-UNSUR YANG MEWAKILI SUATU SISTEM SECARA UMUM ADALAH MASUKAN (INPUT),
PENGOLAHAN (PROCESSING), DAN KELUARAN (OUTPUT).
• INFORMASI
INFORMASI ADALAH DATA YANG TELAH DISARING DAN DIOLAH MEALALUI SISTEM PENGOLAHAN
SEHINGGA MEMILIKI ARTI DAN NILAI BAGI SESEORANG UNTUK DIGUNAKAN DALAM MENGAMBIL
SUATU KEPUTUSAN.
SYARAT-SYARAT TENTANG INFORMASI YANG BAIK DAN LENGKAP ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
􀂙 KETERSEDIAAN (AVAILABILITY)
􀂙 MUDAH DIPAHAMI(COMPREHENIBILITY)
􀂙 RELEVAN
􀂙 BERMANFAAT
􀂙 TEPAT WAKTU
􀂙 KEANDALAN (RELIABILITY)
􀂙 AKURAT
􀂙 KONSISTEN

0000=0 0110=6 1100=12’C
0001=1 0111=7 1101=13’D
0010=2 1000=8 1110=14’E
0011=3 1001=9 1111=15’F
0100=4 1010=10’A
0101=5 1011=11’B

HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE
􀂙 PERANGKAT LUNAK ADALAH KUMPULAN INSTRUKSI BERBENTUK PROGRAM YANG DIBUAT UNTUK
MENGENDALIKAN KERJA KOMPUTER DAN SEBAGAI ANTAR-MUKA MANUSIA DENGAN MANUSIA. ARTI
LAIN PROGRAM YANG BERISI INSTRUKSI/PERINTAH UNTUK MELAKUKAN PENGOLAHAN DATA.
• KATEGORI PERANGKAT LUNAK :
􀀹 SISTEM OPERASI
YAITU PROGRAM YANG DITULIS UNTUK MENGENDALIKAN DAN MENGKOORDINASI KEGIATAN DARI
SISTEM KOMPUTER.
􀀹 BAHASA PEMROGRAMAN
YAITU PROGRAM YANG DIGUNAKAN UNTUK MENTERJEMAHKAN INSTRUKSI-INSTRUKSI PROGRAM
KEDALAM BAHASA MESIN AGAR DAPAT DIMENGERTI OLEH KOMPUTER.
􀀹 APLIKASI
YAITU PROGRAM YANG DITULIS DAN DITERJEMAHKAN OLEH BAHASA PEMROGRAMAN UNTUK
MENYELESAIKAN SUATU APLIKASI TERTENTU.
PERANGKAT LUNAK BAHASA PERANGKAT LUNAK BAHASA
􀂙 BERFUNGSI SEBAGAI PENTERJEMAH ANTARA PROGRAM YANG DITULIS DENGAN BAHASA AWAM SEHARIHARI
MENJADI BAHASA MESIN YANG DIMENGERTI OLEH KOMPUTER.
• KATEGORI PERANGKAT LUNAK BAHASA :
􀀹 ASSEMBLER
MERUPAKAN BAHASA YANG DIGUNAKAN UNTUK MENERJEMAHKAN PROGRAM APLIKASI YANG
DITULIS DENGAN BAHASA PERAKIT (ASSEMBLY LANGUAGE) MENJADI BAHASA MESIN.
􀀹 COMPILER
MERUPAKAN PENERJEMAH BAHASA TINGKAT TINGGI YANG LEBIH BERORIENTASI PADA BAHASA
MANUSIA KEDALAM BAHASA MESIN. COMPILER AKAN MENERJEMAHKAN KODE PROGRAM SECARA
KESELURUHAN SEKALIGUS MENJADI BENTUK BINARY YANG DIMENGERTI OLEH KOMPUTER.
CONTOH : PASCAL, DELPHI, C, DAN LAIN-LAIN.
􀀹 INTERPRETER
MEMILIKI FUNGSI YANG SAMA DENGAN COMPILER, NAMUN PENERJEMAHAN KODE PROGRAM
DIKERJAKAN PER INSTRUKSI DAN SOURCE KODE PROGRAM HARUS SELALU ADA PADA SAAT
PENERJEMAHAN. CONTOH : BASIC, VISUAL BASIC, JAVA, PHP, DAN LAIN-LAIN.
SISTEM OPERASI OPERASI
􀂙 SISTEM OPERASI ADALAH SUATU PERANGKAT LUNAK YANG BERTUGAS UNTUK MELAKUKAN KONTROL DAN
MANAJEMEN PERANGKAT KERAS SERTA OPERASI-OPERASI DASAR SISTEM,TERMASUKM ENJALANKAN
SOFTWARE APLIKASI.
􀂙 SECARA UMUM, SISTEM OPERASI ADALAH :
• SOFTWARE PADA LAPISAN PERTAMA YANG DITARUH PADA MEMORI KOMPUTER PADA SAAT
KOMPUTER DINYALAKAN.
• SISTEM OPERASI AKAN MELAKUKAN LAYANAN INTI UMUM UNTUK SOFTWARE-SOFTWARE APLIKASI.
LAYANAN INTI UMUM TERSEBUT SEPERTI AKSES KE DISK, MANAJEMEN MEMORI, SKEDULING TASK,DAN ANTAR-MUKA USER. BAGIAN KODE YANG MELAKUKAN TUGAS-TUGAS INTI DAN UMUM TERSEBUT DINAMAKAN DENGAN “KERNEL” SUATU SISTEM OPERASI.
􀂙 SISTEM OPERASI SECARA UMUM TERDIRI DARI BEBERAPA BAGIAN:
• MEKANISME BOOT, YAITU MELETAKKAN KERNEL KE DALAM MEMORY.
• KERNEL, YAITU INTI DARI SEBUAH SISTEM OPERASI.
• COMMAND INTERPRETER ATAU SHELL, YANG BERTUGAS MEMBACA INPUT DARI PENGGUNA.
• PUSTAKA-PUSTAKA (LIBRARY), YAITU YANG MENYEDIAKAN KUMPULAN FUNGSI DASAR DAN STANDAR
YANG DAPAT DIPANGGIL OLEH APLIKASI LAIN.
• DRIVER UNTUK BERINTERAKSI DENGAN HARDWARE EKSTERNAL, SEKALIGUS UNTUK MENGONTROL
MEREKA.

BRAINWARE
􀂙 BRAINWARE ADALAH MANUSIA YANG MENGOPERASIKAN DAN MENGENDALIKAN SISTEM KOMPUTER.
BRAINWARE MERUPAKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG MENGENDALIKAN KERJA KOMPUTER SEJAK
AWAL.
• KELOMPOK BRAINWARE ANTARA LAIN :
􀀹 ANALIS
ADALAH BRAINWARE YANG TERLIBAT DALAM SISTEM KOMPUTER DENGAN TUGAS MENGANALISIS
DAN MENDESAIN SISTEM UNTUK MENGETAHUI KEBUTUHAN SISTEM PADA SUATU INSTITUSI
SEBELUM DIBUATKAN PROGRAMNYA.
􀀹 PROGRAMMER
ADALAH BRAINWARE YANG BERTUGAS MENERJEMAHKAN HASIL ANALISIS DAN DESAIN SISTEM
KEDALAM BAHASA PEMROGRAMAN AGAR DAPAT DIKERJAKAN OLEH KOMPUTER.
􀀹 OPERATOR
MERUPAKAN PETUGAS YANG MEMANFAATKAN DAN MENJALANKAN SOFTWARE SISTEM YANG TELAH
DIBUAT UNTUK KEBUTUHAN INSTITUSI SEHARI-HARI.
􀀹 TEKNISI
ADALAH PETUGAS YANG BERTANGGUNGJAWAB DALAM MENJAGA KETERSEDIAAN HARDWARE
SISTEM KOMPUTER DAN JARINGAN.

SISTEM KOMPUTER
􀂙 HARDWARE ADALAH PERALATAN YANG SECARA FISIK TERLIHAT DAN BISA DJAMAH. HARDWARE TERDIRI
ATAS TIGA BAGIAN YAITU
• UNIT PEMROSESAN SENTRAL (CPU)/ PROSESOR
ADALAH ALAT DIMANA INSTRUKSI-INSTRUKSI PROGRAM DIPROSES UNTUK MENGOLAH DATA YANG
SUDAH DIMASUKKAN LEWAT ALAT INPUT DAN HASILNYA AKAN DITAMPILKAN DI ALAT OUTPUT.
• ALAT PENYIMPANAN
MEMORI BERFUNGSI UNTUK MENYIMPAN DATA DAN PROGRAM. MEMORI BERANEKA TIPE DARI
YANG TERCEPAT AKSESNYA SAMPAI YANG TERLAMBAT.
• INPUT/OUTPUT
INPUT DEVICE ADALAH ALAT UNTUK MEMASUKKAN DATA DAN PROGRAM. SEDANGAN OUTPUT
DEVICE ADALAH ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENAMPILKAN HASIL PROSES BAIK BERUPA
HARDCOPY MAUPUN SOFTCOPY.

ALAT INPUT DAN OUPUT
􀂙 ALAT INPUT DAN OUTPUT DIGOLONGKAN KEDALAM :
􀀹 NON-INTELLIGENT TERMINAL
ALAT YANG TERBATAS HANYA SEBAGAI ALAT INPUT ATAU OUTPUT SAJA. CONTOH DUMB TERMINAL
PADA MAINFRAME.
􀀹 SMART TERMINAL
SMART TERMINAL MEMILIKI PROCESSOR DAN MEMORI DIDALAMNYA.
􀀹 INTELLIGENT TERMINAL
DISEBUT JUGA SEBAGAI PROPGRAMMABLE TERMINAL, KARENA DAPAT DIPROGRAM OLEH
PEMAKAI. ALAT INI MEMILIKI MIKROPROCESSOR DAN INTERNAL MEMORY.
􀂙 CONTOH ALAT INPUT :
􀀹 KEYBOARD, TELEPRINTER TERRMINAL, FINANCIAL TRANSACTION TERMINAL, PINT-OF-SALE,
MOUSE, TOUCH SCREEN, LIGHT PEN, DIGITIZER GRAPHICS TABLET, SCANNER, OPTICAL CHARACTER
RECOGNITION (OCR) READER, OPTICAL MARK RECOGNITION (OMR) READER, BAR CODE
READER, SENSOR, CAMERA, WEB CAMERA, VOICE RECOGNIZER, MICROPHONE, DLL.
􀂾 PENJELASAN : KEYBOARD
KEYBOARD ATAU PAPAN KETIK ADALAH PERALATAN MENGETIK YANG DIGUNAKAN
UNTUK MENGINPUT (MEMASUKKAN) TEKS DAN JUGA UNTUK MENGONTROL
PENGOPERASIAN KOMPUTER. KEYBOARD TERDIRI DARI TOMBOL-TOMBOL BERBENTUK KOTAK
YANG DISUSUN PADANYA. TOMBOL-TOMBOL TERSEBUT MEMPUNYAI HURUF ATAU SIMBOL
YANG TERCETAK DI ATASNYA YANG MENUNJUKKAN HURUF ATAU SIMBOL YANG AKAN
DITAMPILKANNYA DI MONITOR BILA DITEKAN.
SELAIN ITU BILA KITA MENGGABUNGKAN DUA TOMBOL DENGAN MENEKANNYA
BERSAMAAN, KITA KADANG AKAN MENDAPATKAN FUNGSI ATAU INPUT KHUSUS. ADA
BERBAGAI JENIS TATA LETAK TOMBOL-TOMBOL PADA KEYBOARD, NAMUN YANG PALING POPULER DIGUNAKAN ADALAH TATA LETAK QWERTY, YANG SEBENARNYA MERUPAKAN
TATA LETAK MESIN KETIK YANG PALING POPULER. KEYBOARD TIPE BARU BIASANYA
MEMPUNYAI TOMBOL-TOMBOL TAMBAHAN PADA BAGIAN ATASNYA (DI ATAS TOMBOL F1,
F2, DLL) UNTUK MEMPERMUDAH PENGGUNA DALAM MENGAKSES ISI KOMPUTER. SELAIN-
ITU, KEYBOARD BARU JUGA BANYAK YANG NIRKABEL.
CONTOH ALAT OUTPUT :
􀀹 MONITOR, PRINTER DOT MATRIK, PRINTER LASER, PRINTER INKJET, PLOTTER, PROJECTOR, SPEAKER.
􀂾 PENJELASAN : PRINTER
PRINTER ATAU PENCETAK ADALAH ALAT YANG MENAMPILKAN DATA DALAM BENTUK
CETAKAN, BAIK BERUPA TEKS MAUPUN GAMBAR/GRAFIK, DI ATAS KERTAS. PRINTER
BIASANYA TERBAGI ATAS BEBERAPA BAGIAN, YAITU PICKER SEBAGAI ALAT MENGAMBIL
KERTAS DARI TRAY. TRAY IALAH TEMPAT MENARUH KERTAS. TINTA ATAU TONER ADALAH ALAT
PENCETAK SESUNGGUHNYA, KARENA ADA SESUATU YANG DISEBUT TINTA ATAU TONER YANG
DIGUNAKAN UNTUK MENULIS PADA KERTAS. PERBEDAAN TONER DAN TINTA IALAH
PERBEDAAN SISTEM; TONER ATAU LASER BUTUH PEMANASAN, SEDANGKAN TINTA ATAU INKJET
TAK BUTUH PEMANASAN, HANYA PEMBERSIHAN ATAU CLEANING PADA PRINT HEADNYA.
ADA PULA KABEL FLEKSIBEL UNTUK PENGIRIMAN SINYAL DARI PROSESOR PRINTER KE
TINTA ATAU TONER. KABEL INI TIPIS DAN FLEKSIBEL, NAMUN KUAT. PADA BAGIAN BELAKANG
PRINTER BIASANYA ADA PORT PARALEL ATAU USB UNTUK PENGHUBUNG KE KOMPUTER.
PENCETAK MODEM MERUPAKAN ALAT CANGGIH. PERKAKASAN ELEKTRONIK YANG
TERDAPAT DALAM SEBUAH PENCETAK SAMA DENGAN PERKAKASAN ELEKTRONIK YANG
TERDAPAT DALAM KOMPUTER ITU SENDIRI. PENCETAK MEMPUNYAI 6 JENIS YAITU JENIS
DOT-MATRIX, JENIS DAISY WHEEL, JENIS INK-JET / JENIS BUBBLE JET, JENIS CHAIN, JENIS
DRUM DAN JENIS LASER.

CONTOH ALAT INPUT DAN OUTPUT :
DISK DRIVE (FLOPPY DISK, HARDDISK), TAPE DRIVE, MODEM
􀂾 PENJELASAN : MODEM
MODEM BERASAL DARI SINGKATAN MODULATOR DEMODULATOR. MODULATOR
MERUPAKAN BAGIAN YANG MENGUBAH SINYAL INFORMASI KEDALAM SINYAL PEMBAWA
(CARRIER) DAN SIAP UNTUK DIKIRIMKAN, SEDANGKAN DEMODULATOR ADALAH BAGIAN
YANG MEMISAHKAN SINYAL INFORMASI (YANG BERISI DATA ATAU PESAN) DARI SINYAL
PEMBAWA (CARRIER) YANG DITERIMA SEHINGGA INFORMASI TERSEBUT DAPAT DITERIMA
DENGAN BAIK.
MODEM MERUPAKAN PENGGABUNGAN KEDUA-DUANYA, ARTINYA MODEM ADALAH
ALAT KOMUNIKASI DUA ARAH. SETIAP PERANGKAT KOMUNIKASI JARAK JAUH DUA-ARAH UMUMNYA MENGGUNAKAN BAGIAN YANG DISEBUT “MODEM”, SEPERTI VSAT,
MICROWAVE RADIO, DAN LAIN SEBAGAINYA, NAMUN UMUMNYA ISTILAH MODEM LEBIH
DIKENAL SEBAGAI PERANGKAT KERAS YANG SERING DIGUNAKAN UNTUK KOMUNIKASI PADA
KOMPUTER.
DATA DARI KOMPUTER YANG BERBENTUK SINYAL DIGITAL DIBERIKAN KEPADA
MODEM UNTUK DIUBAH MENJADI SINYAL ANALOG. SINYAL ANALOG TERSEBUT DAPAT
DIKIRIMKAN MELALUI BEBERAPA MEDIA TELEKOMUNIKASI SEPERTI TELEPON DAN RADIO.
SETIBANYA DI MODEM TUJUAN, SINYAL ANALOG TERSEBUT DIUBAH MENJADI SINYAL DIGITAL
KEMBALI DAN DIKIRIMKAN KEPADA KOMPUTER. TERDAPAT DUA JENIS MODEM SECARA
FISIKNYA, YAITU MODEM EKSTERNAL DAN MODEM INTERNAL. MODEM TERBAGI ATAS:
⇒ MODEM ANALOG YAITU MODEM YANG MENGUBAH SINYAL ANALOG MENJADI-
SINYAL DIGITAL
⇒ MODEM ADSL
⇒ MODEM KABEL YAITU MODEM YANG MENERIMA DATA LANGSUNG DARI PENYEDIA
LAYANAN LEWAT TV KABEL
⇒ MODEM CDMA
⇒ MODEM 3GP
⇒ MODEM GSM

PROCESSOR
􀂙 PROCESSOR TERDIRI DARI :
• ARITHMETIC LOGIC UNIT
ADALAH BAGIAN DARI PROCESSOR YANG BERTUGAS MELAKUKAN PERHITUNGAN ARITMATIKA ATAU
MATEMATIKA SESUAI DENGAN INSTRUKSI PROGRAM.
• CONTROL UNIT
ADALAH BAGIAN DARI PROCESSOR YANG BERTUGAS MENGATUR DAN MENGENDALIKAN SEMUA
PERALATAN YANG ADA PADA SISTEM KOMPUTER.
• REGISTER
REGISTER MERUPAKAN SIMPANAN KECIL DENGAN KECEPATAN TINGGI YANG DIGUNAKAN UNTUK
MEMNYIMPAN INSTRUKSI DAN DATA YANG SEDANG DIPROSES.
• MEMORY
ADALAH TEMPAT MENYIMPAN DATA DAN INSTRUKSI YANG MENUGGU GILIRAN UNTUK DIPROSES.
􀀹 RAM (RANDOM ACCESS MEMORY)
MEMORY YANG BERSIFAT VOLATILE (ISINYA AKAN HILANG SAAT KOMPUTER DI MATIKAN) YANG
BERTUGAS MENAMPUNG DATA YANG DIMASUKKAN DARI ALAT INPUT.

􀂾 CONTOH : NVRAM (NON-VOLATILE RANDOM ACCESS MEMORY)
MERUPAKAN SEBUAH JENIS MEMORI KOMPUTER DENGAN AKSES ACAK (RAM) YANG
UMUMNYA DIGUNAKAN UNTUK MENYIMPAN KONFIGURASI YANG DILAKUKAN OLEH
FIRMWARE, SEPERTI BIOS, EFI ATAU FIRMWARE-FIRMWARE LAINNYA PADA PERANGKAT
EMBEDDED, SEMACAM ROUTER.
UMUMNYA, NVRAM DIBUAT DENGAN TEKNOLOGI MANUFAKTUR CMOS
(COMPLIMENTARY METAL-OXIDE SEMICONDUCTOR) SEHINGGA DAYA YANG
DIBUTUHKANNYA JUGA KECIL. UNTUK MENGHIDUPINYA AGAR DATA YANG DISIMPAN TIDAK
HILANG, NVRAM MENGGUNAKAN SEBUAH BATERAI LITIUM DENGAN NOMOR SERI CR-
2032.

􀀹 ROM (READ ONLY MEMORY)
MEMORY YANG HANYA BISA DIBACA SAJA DAN DIGUNAKAN UNTUK MENYIMPAN SEMUA
INFORMASI TENTANG SISTEM KOMPUTER.
􀂾 CONTOH : EEPROM (ELECTRICALLY ERASABLE PROGRAMMABLE READ-ONLY MEMORY)
ADALAH SEJENIS CHIP MEMORI NON-VOLATILE YANG DIGUNAKAN DALAM KOMPUTER
DAN PERALATAN ELEKTRONIK LAIN UNTUK MENYIMPAN SEJUMLAH KECIL KONFIGURASI DATA
PADA ALAT ELEKTRONIK TERSEBUT. CHIP INI BIASANYA DIGUNAKAN UNTUK MENYIMPAN
DATA KONFIGURASI BIOS DAN SETING SISTEM YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA. UNTUK
PENYIMPANAN DATA YANG BERJUMLAH BESAR MAKA PENGGUNAAN USB FLASHDISK/FLASH
MEMORI LEBIH EKONOMIS.
KELEBIHAN UTAMA DARI EEPROM DIBANDINGKAN EPROM ADALAH IA DAPAT
DIHAPUS SECARA ELEKTRIS MENGGUNAKAN CAHAYA ULTRAVIOLET SEHINGGA PROSESNYA
LEBIH CEPAT. JIKA RAM TIDAK MEMILIKI BATASAN DALAM HAL BACA-TULIS MEMORI, MAKA
EEPROM SEBALIKNYA. BEBERAPA JENIS EEPROM KELUARAN PERTAMA HANYA DAPAT
DIHAPUS DAN DITULIS ULANG (ERASE-REWRITE) SEBANYAK 100 KALI SEDANGKAN MODEL
TERBARU BISA SAMPAI 100.000 KALI.