KOMPONEN PENDUKUNG SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

PENDAHULUAN

Komponen pendukung SIM mempunyai banyak komponen seperti database, Decision Support System ( DSS ), Information Resource Management ( IRM ), User Machine System dan Synergystic Organization .

TINJAUAN PUSTAKA

Pengertian SIM Menurut  Mc Leod dan Schell (2004)  Sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

PEMBAHASAN

Komponen SIM adalah seluruh elemen yang membentuk suatu sistem informasi. Komponen ini dapat terbagi menjadi dua bagian, terdiri dari  komponen secara fungsional dan secara fisik.

a. Sistem Database
System Data Base adalah sebuah bank data yang di jangkau oleh system. Database memuat seluruh data perusahaan yang peranannya sangat penting, bagi kelancaran organisasi , sehingga dibutuhkan suatu manajemen pengolahan yang baik.
b. Decission Support System
Didefinisikan sebagi penerapan system informasi yang membantu aktivitas pengambilan keputusan. DSS cenderung di gunakan dalam perencanaan untuk menganalisis alternative serta pecarian pemecahan melalui salah satu sistem yang ada.
c. Information Resource Management ( IRM )
Merupakan cara pendekatan terhadap manajemen yang didasarkan atas konsep pemikiran bahwa informasi merupakan sebuah konsep organisatoris. Ruang lingkup IRM mencakup komunikasi data dan pemrosesan kata. Konsep IRM menekankan pada efektifitas organisatoris sumber sistem informasi daripada spesifikasi teknikal atau efesiensi perangkat keras dan lunak.
d. User Machine System
Diartikan bahwa perancang sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam pengambilan keputusan.
e. Synergystic Organization
Merupakan sifat pengaturan kerjasama sehingga hasil produksi total dari seluruh anggota organisasi ( totalitas ) lebih besar daripada jumlah hasil anggota organisasi itu.

Komponen Sistem Informasi Manajemen secara Fisik

Adalah keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunakan untuk menjalankan SIM. Komponen  tersebut diantaranya ialah :

a)    Hardware

Peralatan komputer fisik dan alat-alat komputer yang saling berhubungan. Berikut ini merupakan 5 fungsi umum hardware, ialah :

·         Input atau masukan

·         Central Processor (Perhitungan, pengendalian dan Primary Storage)

·         Secondary storage untuk data dan program

·         Output atau hasil atau keluaran

·         Komunikasi

b)    Software

Merupakan istilah yang diberikan untuk sekumpulan instruksi langsung yang memungkinkan hardware memproses data.

Software diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:

·         Software Sistem terdapat software pemrograman, operasi dan utilitinya, sedangkan

·         Aplikasi software terdapat aplikasi bisnis, akuntansi, indrustri dll.

c)    Database

Merupakan sekumpulan tabel, hubungan dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan seperti pita komputer dan paket piringan.

d)    Prosedur Pengoperasian

Merupakan komponen fisk karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik, seperti buku panduan dan itruksi. Tiga tipe utama dalam prosedur yang dibutuhkan ialah:

·         Instruksi untuk pemakai merupakan aplikasi data recod, terminal pegawai untuk memasukkan dan medapatkan kembali data.

·         Instruksi untuk penyimpan input oleh para pemakai

·         Instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer

e)    Model manajemen dan pengambilan keputusan

f)   Personalia pengoperasian meliputi operator, progremer, analisa sistem, personalia penyimpanan data dan coordinator operasional SIM dan pengembangannya.

g)     Jaringan Komputer dan komunikasi data yaitu sistem penghubung yang memungkinkan sumber(resources) yang diakses oleh bersama.

h)    User atau sumber daya manusia

PENUTUP

kesimpulannya adalah jadi banyak komponen pendukung SIM ini harus dikembangkan secara optimal ,seperti halnya  database, Decision Support System ( DSS ), Information Resource Management ( IRM ), User Machine System dan Synergystic Organization .

saran

untuk itu kita harus mengembangkan komponen pendukung SIM dengan cara memperkuat komponennya.

REFERENSI

http://22adi.blogspot.com/2010/01/komponen-pendukung-sim.html

http://my.opera.com/xragilx/blog/2009/12/31/pengenalan-sistem-informasi-manajemen

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17349/3/Chapter%20II.pdf

http://books.google.co.id/books?id=NaKZX-XsJdEC&pg=PA9&dq=komponen+sistem+informasi+manajemen&hl=id&ei=znSfTO68FYjRceW3ydwJ&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1&ved=0CCUQ6AEwAA#v=onepage&q=komponen%20sistem%20informasi%20manajemen&f=false

http://ilmukomputer.org/

http://dedihendriana.wordpress.com

http://nelycuby.blogdetik.com/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/sistem-informasi-manajemen-18

http://blog.re.or.id/komponen-sistem-informasi-manajemen.htm

http://antontirta.blogdetik.com/2009/09/14/aplikasi-sistem-informasi-manajemen/