Elemen Struktur Pengendalian Intern

3.1               3.3  Sebutkan & Jelaskan elemen struktur pengendalian intern!
Jawaban:
Ada 5 elemen yang berpengaruh dalam struktur pengendalian intern, yaitu:
1.Lingkungan Pengendalian,yaitu yang berada dalam suatu organisasi yang menekankan pada berbagai macam faktor yang tentunya mempengaruhi kebijakan dan prosedur pengendalian
2.Sistem Akuntansi,yaitu metode dan prosedur untuk mencatat dan melaporkan tentang informasi keuangan yang disediakan bagi suatu perusahaan.
3.Prosedur Pengendalian,yaitu prosedur yang ditetapkan untuk menstandarisasikan proses kerja sehingga menjamin tercapainya suatu tujuan perusahaan dan mencegah atau mendeteksi terjadinya ketidakberesan dan kesalahan.
4. Pemantauan,yaitu sistem pengendalian intern yang memantau/memonitoring kekurangan serta meningkatkan efektivitas pengendalian. Pengendalian intern dapat di monitor dengan baik dengan cara penilaian khusus atau sejalan dengan usaha manajemen. Usaha pemantauan yang terakhir dapat dilakukan dengan cara mengamati perilaku karyawan atau tanda-tanda peringatan yang diberikan oleh sistem akuntansi.
Penilaian secara khusus biasanya dilakukan secara berkala saat terjadi perubahan pokok dalam strategi manajemen senior, struktur korporasi atau kegiatan usaha. Pada perusahaan besar, auditor internal adalah pihak yang bertanggung jawab atas pemantauan sistem pengendalian intern. Auditor independen juga sering melakukan penilaian atas pengendalian intern sebagai bagian dari audit atas laporan keuangan.
5. Informasi dan Komunikasi, merupakan elemen-elemen yang penting dari pengendalian intern perusahaan. Informasi tentang lingkungan pengendalian, penilaian risiko, prosedur pengendalian dan monitoring diperlukan oleh manajemen Winnebago pedoman operasional dan menjamin ketaatan dengan pelaporan hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku pada perusahaan.
Informasi juga diperlukan dari pihak luar perusahaan. Manajemen dapat menggunakan informasi jenis ini untuk menilai standar eksternal. Hukum, peristiwa dan kondisi yang berpengaruh pada pengambilan keputusan dan pelaporan eksternal.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pengendalian_intern#Elemen-elemen_Pengendalian_Intern