1. Sebutkan perbedaan antara Keputusan dengan pengambilan keputusan ?

Jawab :

Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan – kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya.Setiap keputusan akan membuat pilihan terakhir, dapat berupa tindakan atau opini. Itu semua bermula ketika kita perlu untuk melakukan sesuatu tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Untuk itu keputusan dapat dirasakan rasional atau irrasional dan dapat berdasarkan asumsi kuat atau asumsi lemah.

Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final . Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.

2. Sebutkan dan jelaskan proses pengambilan keputusan ?

Jawab :

A). Kegiatan Intelijen :
Menyangkut pencarian berbagai kondisi lingkungan yang diperlukan bagi keputusan.
B). Kegiatan Desain:
Tahap ini menyangkut pembuatan pengembangan dan penganalisaan berbagai rangkaian kegiatan yang mungkin dilakukan.
C). Kegiatan Pemilihan:
Pemilihan serangkaian kegiatan tertentu dari alternative yang tersedia.

3. Menurut pendapat saudara mana yang lebih baik mengambil keputusan sendiri atau megambil keputusan secara kelompok ? Jelaskan ?

Jawab :

Menurut saya 2 hal itu sama-sama baik, tetapi jika hanya kita mencari dan mengambil keputusan secara kelompok itu lebih efektif dibandingkan sendiri. Kenapa Efektif, karena dari banyak pendapat yang dikeluarkan dari personil kelompok tersebut kita akan cepat dapat menemukan keputusan yang tepat dan akurat yang kita bisa gunakan tapi jika ada kesepakatan bersama. Lain dengan mengambil keputusan sendiri kita tidak bisa bertukar pikiran dengan orang lain,bisa – bisa keputusan yang kita ambil bisa salah atau kurang memuaskan.

4. Mengapa setiap orang yang membuat suatu keputusan selalu diaphadapkan dengan kondisi Certainly, risk dan uncertainly, jelaskan pendapat saudara ?

Jawab :

Karena di setiap keputusan pasti selalu ada setuju dan ketidaksetujuan ,untuk itu kita harus benar – benar berfikir secara matang jika ingin mengambil suatu keputusan dan jangan sampai salah mengambil keputusan karena jika kita salah mengambil sebuah keputusan maka kita akan menyesalinya.